Tampilan Baru Google dengan “intip situs”

Ada perubahan baru pada mesin pencarian Google. Jika diperhatikan lebih seksama, pengguna kini bisa mengintip konten sebuah halaman sebelum mengkliknya.

Rupanya, perubahan ini berkat fitur terbaru Google bernama ‘Instant Previews’. Instant Preview baru saja diluncurkan Google pekan ini. Sayangnya, belum semua pengguna Google dari berbagai negara bisa menjajalnya. Oleh karenanya, belum banyak pula pengguna yang mengetahui keberadaan fitur ini.

Ketika mengklik ikon kaca pembesar di samping hasil pencarian, pengguna akan melihat snapshot visual dari konten yang paling relevan pada halaman khusus dalam pop-up box yang muncul di sampingnya. Selain itu, dengan menggerakkan mouse ke hasil pencarian lain, pengguna bisa melihat preview visual halaman lain.

Hal ini tentunya akan menghemat waktu pengguna saat melakukan pencarian. Sebagai contoh, ketika seseorang tengah mencari gambar peta, bisa mengetahui apakah tautan yang akan dikliknya berisi konten yang dicarinya atau bukan. Sehingga dampaknya, pengguna tak perlu repot menelusuri setiap tautan dan mencari halaman lain ketika ternyata tautan tersebut bukan yang dicarinya.

“Dalam pengujian kami, orang-orang yang menggunakan Instant Previews lima persen lebih puas dengan hsil pencarian yang dikliknya,” kata Product Manager Google Raj Krishnan dalam blognya.

Dia menyebutkan, fitur baru ini memberikan cara baru untuk mengevaluasi hasil pencarian dan membuat pengguna lebih tepat menemukan apa yang diinginkan pada halaman yang dikunjungi.

One thought on “Tampilan Baru Google dengan “intip situs”

Tinggalkan Komentar Kamu dibawah ini,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s