Opera for Android Rilis Versi Beta, Kini Dengan WebKit Engine

opera-android

Beberapa minggu yang lalu beredar kabar bahwa Opera akan segera meninggalkan Presto engine dan beralih menggunakan WebKit engine untuk digunakan dalam Opera for Android. WebKit adalah engine serupa yang digunakan dalam Safari, Chrome serta stock Android browser.

Opera kini telah resmi merilis versi beta dari web browser terbaru mereka (untuk Android) yang menggunakan WebKit, dan berikut adalah beberapa hal baru yang dihadirkan lewat perubahan tersebut. Untuk soal UI, versi terbaru ini memindahkan UI ke bagian atas dan menempatkan seluruh option ke dalam sebuah tombol di pojok kanan atas. Homescreen akan memiliki 3 buah tab: speed dial (untuk mengakses website yang paling sering Anda kunjungi), history, serta discover tab (yang berisi artikel-artikel menarik rekomendasi Opera).

Tab menu juga berubah dan kini menunjukkan thumbnail yang lebih besar untuk masing-masing tab yang dibuka. Anda juga akan bisa membuka sebuah private tab agar history browsing Anda tidak akan tercatat. Performa browsing di rilisan beta ini juga cukup memuaskan dan tak terlalu berbeda dari yang Anda dapatkan ketika browsing via Chrome ataupun stock Android browser. Opera menggunakan font rendering yang mirip dengan Chrome, jadi teksnya akan tampak lebih besar dari biasanya, serta mampu menyesuaikan tampilan dengan lebar display ketika Anda zoom.

Jika Anda ingin mencoba meningkatkan kecepatan page loading lebih jauh lagi, atau menghemat konsumsi data ketika melakukannya, Anda bisa mengaktifkan Off-road mode yang pada dasarnya membuat browser tersebut berfungsi seperti layaknya Opera mini. Lalu bagaimana performanya ketika dihadapkan dengan Chrome? Opera versi beta ini mencatat nilai yang cukup baik dan mampu unggul tipis daripada Chrome browser di sejumlah tes benchmark.

Perlu dicatat bahwa browser ini masih dalam tahapan beta, jadi performanya masih belum stabil dan tidak bisa Anda andalkan untuk aktivitas browsing sehari-hari. Jika Anda berminat mencobanya, Anda bisa mendownloadnya langsung via Google Play Store, gratis!

Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar Kamu dibawah ini,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s