Penemu Email Ray-Tomlinson
Berita, Tokoh

Biografi Ray Tomlinson, Sang Penemu E-Mail

Penemu Email Ray-Tomlinson

Siapa sih penemu E-Mail ? Buat kamu yang sering ONLINE wajib tahu ini, semua akun kita di Internet harus punya E-Mail jadi jangan samapi gak tau, nah berikut Biografi Ray Tomlinson, Penemu E-Mail yang Revolusioner. Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson adalah seorang pembuat program yang berasal dari Amerika Serikat yang telah menemukan electronic mail (E-Mail) pada tahun 1971 di ARPANET. Itu adalah merupakan sistem pertama yang dapat mengirimkan pesan kepada pengguna komputer berbeda pada satu jaringan yang sama.

Ray Tomlinson

Karena sebelumnya hal tersebut hanya dapat dilakukan bagi pengguna komputer yang sama. Untuk dapat membedakan setiap pengguna dalam berkirim pesan, Ray Tomlinson menggunakan tanda @, yang kemudian seterusnya digunakan hingga sekarang.

Karir

Ray Tomlinson dilahirkan di Amsterdam, New York. Yang kemudian tidak lama setelah itu keluarganya pindah ke sebuah pedesaan kecil yang bernama Vail Mills, New York. Beranjak ke usia sekolah, Ray Tomlinson kecil bersekolah di Broadalbin Central School yang berlokasi di Broadalbin, New York. Kemudian memasuki usia remaja Ray Tomlinson memasuki Institut Politeknik Renselaer di Troy, New York.

Selama Ray Tomlinson mengarungi masa kuliahnya di institut tersebut, dia sempat berpartisipasi dalam program kerja sama dengan International Business Machines Corporation yang berkutat daam bidang teknologi multinasional dan konsultasi.

Pada tahun 1963, Ray Tomlinson lulus dan mendapat gelar Sarjana Sains Teknik Elektro. Setelah lulus kemudian dia melanjutkan kuliahnya di Institut Teknologi Massachusetts guna melanjutkan gelar sarjana yang di milikinya dalam bidang mesin elektro.

Selama berkuliah di institut tersebut, Ray Tomlinson bekerja di Speech Communication Group dan mengembangkan sebuah alat analog-digital hybrid speech synthesizer yang juga sebagai tugas untuk tesisnya. Kemudian pada tahun 1965, Ray Tomlinson menerima gelar Master Sains Teknik Elektro.

Pada tahun 1967 Ray Tomlinson diterima kerja oleh sebuah perusahan teknologi yang bernama Bolt, Beranek dan Newman yang sekarang lebih dikenal sebagai BNN teknologi. Tugasnya adalah membantu dalam pengembangan operasi sistem TENEX, yang didalam terdapat Protokol Kontrol Jaringan ARPAnet dan implementasi TELNET.

Ray Tomlinson menulis sebuah program yang disebut CPYNET untuk mengirimkan file – file melalui jaringan ARPAnet. Ray diminta untuk merubah program SNDMSG (program yang dapat mengrimkan file hanya pada satu komputer saja) agar dapat bekerja di TENEX, dan Ray kemudian memasukkan kode – kode CPYNET pada SNDMSG sehingga hasilnya pesan atau file dapat dikirimkan kepada pengguna komputer berbeda asal masih dalam satu jaringan dan kemudian disebut E-Mail.

E-Mail Pertama Dikirim
Pesan pertama yang dapat dikirim oleh Ray Tomlinson tidaklah sesuatu yang istimewa, hal ini terjadi karena Ray sendiri belum benar – benar yakin bahwa kode – kode CPYNET yang dia masukkan kedalam program SNDMSG tersebut dapat berjalan dengan baik.

Akhir tahun 1971 pesan tersebut berhasil terkirim kepada pengguna komputer berbeda dan hanya berisikan “QWERTYUIOP”, tidak memiliki arti hanya saja menjadi sejarah dan pelopor perkembangan dunia maya. Karena setelah TENEX terbaru diperkenalkan pada tahun 1972, banyak sekali protokol pesan yang berkembang setelah merasakan sebuah karya dari Ray Tomlinson tersebut.

Penghargaan

Hasil karya dari Ray Tomlinson dalam penemuan electronic mail tersebut membuat dirinya menerima banyak penghargaan atas ide cemerlangnya tersebut, diantaranya:

  • Tahun 2000 — Penghargaan pelopor komputer George R. Stibitz dari Museum Komputer Amerika
  • Tahun 2001 — Penghargaan Webby dari Akademi Internasional Sains dan Seni Digital sebagai pencapaian seumur hidup
  • Tahun 2001 — Masuk dalam Hall of Fame para alumni dari Renselaer Institut
  • Tahun 2002 — Penghargaan Inovasi dari Majalah Discovery
  • Tahun 2004 — Penghargaan IEEE Internet bersama Dave Crocker
  • Tahun 2009 — Penghargaan Prince of Asturias untuk sains dan penelitian teknik bersama Martin Cooper
  • Tahun 2011 — Masuk dalam top list MIT150, yang berisikan sejumlah inovator terbaik di MIT
  • Tahun 2012 — Masuk dalam Internet Hall of Fame oleh Interset Society
Advertisements

Tinggalkan Komentar Kamu dibawah ini, kosongkan website, agar komentar kamu langsung muncul

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s