slazhpardede

Kenapa baterai hp/ Tab cepat habis ?

slazhpardede

1. Pada penggunaan pertama baterai baru, isilah +/- 4 jam dalam kondisi hp dimatikan. Hal ini dilakukan hanya untuk sekali saja. Baterai akan mencapai kekuatan maksimal setelah +/- 3 kali proses pengisian (atau sekitar 7-10 hari pemakaian awal).

2. Isilah baterai sampai benar-benar penuh agar baterai lebih awet dan jangka waktu kerjanya dapat maksimal, tetapi juga jangan melakukan pengisian baterai terlalu lama (baca tips no.3).

3. Proses pengisian baterai yang baik adalah segera mencabut pengisi baterai begitu indikator pengisian menunjukkan bahwa baterai telah penuh. Jangan terlalu lama, misalnya ditinggal tidur atau pergi selama berjam-jam, karena hal itu akan memperpendek usia baterai dan pengisi baterai.

4. Jangan melakukan pengisian baterai dalam posisi hp dinyalakan, kecuali dalam kondisi sangat terpaksa (apalagi menggunakan pengisi baterai di mobil), karena hal ini akan mempermudah kerusakan hp (akibat melemahnya komponen hp, konsleting, dsb), serta memperpendek usia baterai dan pengisi baterai.

5. Apabila baterai hp Anda terbuat dari bahan Metal (Ni-Cd atau Ni-MH), pengisian baterai yang baik adalah pada saat baterai telah benar-benar habis/kosong. Apabila Anda sering mengisinya saat baterai belum benar-benar habis, maka baterai akan cepat melemah/rusak.

6. Tetapi apabila baterai hp Anda terbuat dan bahan Lithium atau Polymer (Li-ion. Li-Pot, atau Li-ion Polymer), isilah baterai sebelum benar-benar habis/kosong. Baterai yang terbuat dan bahan Lithium atau Polymer (Li-ion. U-Pol, atau Li-ion Polymer) dapat rusak atau melemah (misalnya tidak dapat diisi lagi, atau drop) apabila Anda terlambat mengisinya (benar-benar telah kosong/habis tenaganya).

7. Usia baterai tidak diukur dan hari atau bulan, tetapi dan jumlah pengisiannya. Apabila Anda pengguna hp yang sangat aktif (sering menggunakan hp untuk telepon, sms, atau main game), maka Anda akan lebih sering melakukan pengisian baterai daripada pengguna hp yang kurang aktif (hanya sering standby saja). Otomatis usia baterai Anda akan semakin pendek.

8. Segeralah mengganti baterai hp Anda dengan baterai yang baru apabila sudah lemah, karena kinerja hp menjadi tidak dapat maksimal, serta dapat mengganggu aktivitas komunikasi Anda sehari-hari.

9. Signal hp yang lemah (misalnya ditempat yang agak jauh dari jangkauan pemancar, atau di dalam ruangan yang tidak ada signalnya) akan membuat kerja hp semakin berat dan baterai akan menjadi lebih boros/cepat habis.

10. Apabila hp Anda tidak ada signalnya sama sekali (diluar jangkauan signal pemancar hp, didalam ruangan yang tidak dapat dijangkau signal, atau antena hp Anda terlepas/pecah/rusak, dsb) lebih baik hp segera dimatikan, karena kinerja komponen penala (pencari) gelombang/signal hp Anda terlalu berat dan dapat menjadi cepat melemah/nusak, selain itu baterai hp Anda menjadi lebih boros.

11. Pastikan pengisi baterai hp Anda menempel dengan baik pada stop kontak (PLN), jangan menempelkan pengisi baterai pada stop kontak (PLN) yang longgar (posisinya goyang, tidak rapat, tidak menempel baik, atau miring) karena kondisi ini rawan bahaya korslet yang dapat merusak hp, baterai, dan atau pengisi baterai hp Anda.

12. Cabutlah pengisi baterai hp Anda dari stop kontak (PLN) apabila tidak digunakan mengisi baterai.

13. Jauhkan hp dari tempat yang bersuhu ekstrim (terlalu panas dan terlalu dingin), misalnya diatas dashboard mobil yang panas pada siang hari, atau didepan blower AC mobil yang terlalu dingin, karena dapat merusak hp.

14. Jauhkan hp dari medan listrik dan medan magnetik (misalnya diatas tv, terlalu dekat kipas angin, trafo, atau speaker) karena dapat mengganggu signal hp, merusak sim card, dll.

15. Apabila Anda menggunakan getar, jangan menaruh hp di tepi meja, di tepi atas lemari, dsb. Hal ini untuk mencegah hp Anda terjatuh akibat posisi hp yang bergeser saat berfungsinya mesin getar (misalnya ada panggilan telepon masuk, sms, dsb).

16. Jauhkan hp Anda dari tempat yang lembab dan basah, karena dapat merusak hp Anda.

17. Apabila hp Anda terkena atau masuk kedalam air atau sejenis cairan, segeralah mematikan hp, melepas baterainya, dan membawanya ke tempat service terdekat/langganan Anda. Jangan pernah sekali-sekali mencoba memasang baterainya, menyalakan, apalagi melakukan pengisian baterai sebelum ditangani oleh ahli service, karena hal itu dapat memperparah korsleting dan menambah kerusakan pada hp Anda.

18. Apabila hp Anda terbentur atau terjatuh dan mengalami gangguan atau ada yang tidak berfungsi normal, segeralah membawanya ke tempat service terdekat/langganan Anda, agar kerusakan tidak semakin parah.

19. Jangan terlalu sering membuka casing hp, melepas baterai, atau melepas dan memasang (mengganti-ganti) sim card apabila tidak perlu, karena hal itu akan membuat casing hp, konektor baterai, sim card, dan konektor sim card longgar, cepat aus, dan rusak.

Advertisements

Tinggalkan Komentar Kamu dibawah ini, kosongkan website, agar komentar kamu langsung muncul

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s