Cara memasang dan mengatur suhu termostat kapsul

termostat kapsul

Thermostat berfungsi sebagai penyambung dan memutuskan arus yang kelampu/ elemen pemanas pada mesin penetas telur. Memasang thermostat pada mesin penetas sebenarnya bebas,mau didepan,dibelakang atau ditengah terserah,tapi jangan diluar box karena itu tidak benar. yang terpenting jangan tepat dibawah lampu,kita cari lokasi yang aman dan mudah dijangkau.

Cara setting thermostat inipun sangat simple, kita hanya perlu memutar mur yang terhubung dengan kapsul thermostatnya sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika kita hendak mengatur/ kalibrasi suhu mesin tetas dan mendapatkan suhu ideal yang di perlukan dalam proses penetasan telur ayam, burung dan telur yang lain.

Langkah pertama
Pastikan sumber pemanas yang di gunakan dalam hal ini bisa berupa lampu pijar/bohlam ataupun element heater mampu mensuplay hawa panas melebihi target ideal. Misalnya ketika kita hendak men-set suhu pada kisaran 37 derajat celcius maka, usahakan agar supaya sumber pemanas tsb mampu mensuplay hawa panas hingga 38 derajat celcius. Di samping untuk mempercepat waktu pemanasan, hal ini juga berguna untuk mencegah penurunan suhu yang terlalu drastis ketika kita membuka pintu mesin tetas untuk membalikan telur.

Kemudian langkah selanjutnya Adalah memanaskan mesin tetas hingga mencapai suhu yang di inginkan. Lama atau tidaknya proses ini tergantung kepada kemampuan sumber pemanas dan bahan, desain mesin tetas yang kita miliki. Untuk mengetahui apakah suhu telah mencapai titik ideal atau tidaknya adalah dengan cara memperhatikan gerakan thermometer, kemudian setelah thermometer mencapai titik tertentu yang sebelumnya telah kita targetkan, segera putar mur pengatur sampai microswite tertekan oleh kapsul dan mematikan sumber pemanas. Untuk memudahkan proses pengaturan suhu, usahakan supaya mur pengatur dapat di putar dari luar dengan cara membuat lubang kecil seukuran mata obeng pada bagian atas mesin tetas, ini bertujuan agar pada proses pengaturan/penyetelan suhu kita tidak sampai membuka pintu mesin tetas. Untuk lebih jelasnya silahkan liat dalam video ini.

Advertisements

Tinggalkan Komentar Kamu dibawah ini,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s